Tentang Penulis

Aep Hidayatuloh adalah seorang Sarjana Statistika (S.Stat) lulusan Departemen Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Pertanian Bogor (IPB) atau sekarang lebih dikenal dengan IPB University. Lulus dan menyandang gelar S.Stat pada tahun 2015. Selama perkuliahan aktif menjadi asisten praktikum mata kuliah Komputasi Statistika menggunakan SAS dan R selama dua semester. Ketertarikan utamanya di bidang analisis dan sains data menggunakan pemrograman R. Ketertarikannya ini mendorongnya untuk terus mencoba dan belajar berbagai macam metode yang digunakan pada analisis dan sains data, khususnya menggunakan R. Package R yang sudah dibuat olehnya adalah rpubs.

Pertama kali bekerja di perusahaan PT Ganesha Cipta Informatika sejak tahun 2013 hingga 2015. Selama bekerja di perusahaan ini dia bekerja sebagai Statistician & Application Developer. Project utama yang ditangani disana adalah pembuatan model prediktif untuk kebutuhan aktivasi dan up-sell nasabah sebuah bank yang memiliki kartu debit. Selain itu juga rutin menjadi instruktur training pemrograman menggunakan SAS dan asisten instruktur training segmentasi pelanggan, pemodelan prediktif seperti propensity dan credit scoring menggunakan SAS dan R.

Tahun 2015 pindah ke sebuah perusahaan asuransi. Di perusahaan ini rutinitasnya membuat laporan perkembangan bisnis dan nasabah di Departemen Telemarketing. Kemudian tahun 2017 memutuskan keluar dari perusahaan tersebut dan bergabung bersama perusahaan StarCore Analytics (PT Exorty Indonesia). Saat ini (2020) dia adalah seorang Senior Data Analyst. Berbagai projek yang pernah dikerjakan bersama tim di StarCore Analytics adalah:
* Konversi script SQL ke SAS dengan SAS Enterprise Guide di sebuah bank.
* Instruktur training pemrograman SAS. * Membangun model prediktif untuk kebutuhan churn prevention nasabah pascabayar salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia menggunakan SAS Enterprise Miner.
* Membuat sistem backend untuk optimasi penyaluran bahan bakar Pertamina dari Depot ke SPBU.
* Customer Relationship Management perusahaan dengan melakukan segmentasi pelanggan customer loyalty program mulai dari penyiapan data (ETL), eksplorasi data, membuat segmentasi dengan metode k-means, menyediakan data untuk kebutuhan presentasi dan analisis hasil campaign.

Dia juga aktif bekerja sama dengan Departemen Statistika FMIPA IPB University dalam beberapa kegiatan untuk pengembangan kemampuan mahasiswa terutama kemampuan teknis analisis data menggunakan R. Salah satunya sebagai instruktur/pembicara workshop dan sebagai tenaga teknis pembuatan aplikasi berbasis web menggunakan R Shiny. Beberapa aplikasi shiny yang sudah dibuat diantaranya adalah:

Beberapa artikel/tutorial dalam penggunaan R yang pernah ditulis olehnya dapat diakses di https://rpubs.com/aephidayatuloh/. Repository GitHub yang dibuatnya juga dapat dilihat pada https://github.com/aephidayatuloh/.